Selasa, 15 Januari 2013

Esensi Musik British (UK)

British Pop-Rock Alternative

Radiohead dan Muse, dua band yang cukup kita kenal setelah Oasis dan Blur pada era 90-an. Radiohead yang berlatar belakang pop/rock alternative ini mendebutkan album mereka yang bertajuk “Pablo Honey” dengan lagu yang cukup terkenal berjudul “creep”. Band ini sendiri terbentuk di Oxfordshire,Inggris pada 1985 dan meluncur ke blantika musik dunia pada tahun 90-an dengan nama Radiohead. Dengan suara vokal Thom Yorke yang menjadikan mereka memiliki warna musik lebih berbeda dibanding musisi Inggris yang lain. Bahkan musik Radiohead bisa dibilang lebih unik dan variatif. Dari itu semua band ini melonjak naik ke pasar musik internasional. Musik Inggris memang inovatif dan variatif.



Lain halnya dengan Muse, band yang terbentuk di Devon, Inggris pada awal 90-an dengan personil Matthew Bellamy, Chris Wolstenholme, dan Dominic Howard ini mengusung musik pop/rock alternatif-klasik. Beda dengan Radiohead, Muse lebih cenderung mengemas musik mereka dengan sentuhan synth-string dan piano klasik. Matthew Bellamy, vokalis yang sekaligus gitaris menjadikan nuansa musik menjadi sangat berbeda dibanding band-band lain yang sewarna. Walaupun kritikus musik mengatakan bahwa musik. Muse cenderung seperti Radiohead, tetapi Matthew Bellamy lebih mengedepankan synth-string dan permainan piano dalam beberapa lagu Mereka. Inilah yang membedakan Muse dan Radiohead. Kreatif ya mereka?

Matthew Bellamy bernyanyi sambil bermain gitar kemudian berganti piano dan bernyanyi lagi. Itulah yang terjadi dalam aksi Muse di panggung. Dengan Chris yang berperan sebagai pemain bass dan back.vocal menjadikan trio Muse menjadi band dengan performa yang selalu fenomenal disetiap aksi panggung mereka. Bahkan band ini dinobatkan menjadi The Best Performance dalam Euro Music Award dan Grammy Award. Di tambah lagi dengan musik mereka yang sangat berciri khas, menambah koleksi penghargaan mereka pada ajang regional maupun internasional.

Itulah beberapa ulasan bagi yang bosan dengan musik yang ada di Indonesia saat ini. Semoga dengan ini kita bisa sadar bahwa ‘beda’ itu belum tentu tidak bagus. Asal masih dalam konteks positive-move. Musik Inggris menjadi berpengaruh dalam blantika musik dunia karena mereka berani bereksperimen dan merealisasikan. Bagaimana? Mau mencoba? Kita juga punya budaya musik yang cukup untuk menciptakan sebuah warna musik yang baru. Pasti bangga kan kalau Indonesian Pop/Rock bisa bersaing dengan British Pop/Rock di belantika musik dunia. Maju terus musik Indonesia. Follow for reference not for commercial!! Inovative, Aktive, Creative!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar